Jumat, 15 Oktober 2010

Besar Kecil Normal * * Bagikan * 0 Kenaikan Harga Bahan Pokok Karena Cuaca Sabtu, 14 Februari 2009 | 00:18 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok karena adanya gangguan cuaca. "Kami berharap dengan meredanya musim hujan, gangguan distribusi bisa berkurang," kata Mari seusai mengikuti rapat tertutup di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat malam (13/2).

Harga gula yang naik selama dua pekan terakhir, menurut Mari, juga karena gangguan cuaca. Pemerintah sudah memantau daerah-daerah yang dilaporkan mengalami kenaikan harga. PT Perkebunan Nusantara dan para mitranya, lanjut Mari, telah menyatakan bersedia melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga.

Ia mengakui kenaikan harga gula di luar kewajaran. Namun, menurutnya kenaikan harga gula ini bersifat sementara. "Masalah musiman, kita bukan dalam periode musim giling tebu," ujarnya. Musim giling tebu diperkirakan terjadi pada April mendatang, sehingga harga akan mulai turun.

Sebelumnya, harga gula dilaporkan naik sebesar 5 persen dalam dua minggu terakhir. Bayu Khrisnamurti, Deputi Menteri Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan menyatakan kenaikan ini di luar kewajaran tren. Biasanya, tren untuk Januari-Februari hanya 2-3 persen.
Stok nasional untuk gula saat ini sekitar 700 ribu ton, cukup untuk 3 bulan.

Harga saat ini mencapai sekitar Rp 7.500 per kilo gram. Padahal, biasanya harga gula dipasaran sekitar Rp 6.500 per kg.





http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2009/02/14/brk,20090214-160017,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar