Jumat, 15 Oktober 2010

8 Kualifikasi Pelayan Restoran Top submitted by Turboduck on 17 April 2010 @ 01:53 pm

Bisnis restoran sebenarnya tidak sekebar bisnis makanan dan minuman, tapi juga masuk ke dalam kategori bisnis pelayanan, layaknya sebuah hotel. Oleh karena itu, kualitas layanan merupakan satu hal yang tidak bisa diabaikan untuk menjadi restoran dengan terbaik.
Berikut ada beberapa tip yang kiranya harus diketahui oleh masing-masing pelayan dalam menjalankan tugasnya.
1. Mengerti dan pernah mencoba semua menu
Salah satu pertanyaan umum para pelanggan adalah "ini makanan macam apa?", karena kadang nama yang dipakai tidak jelas, dan tidak disertai penjelasan. Maka seorang pelayan top pasti bisa menjawab pertanyaan macam itu.
2. Menu favorit
Pertanyaan umum yang kedua adalah "Apa yang enak di sini?" sebuah pertanyaan umum bagi para pengunjung baru. Yang pasti janganlah dijawab "semua", karena tidak menyelesaikan masalah. :P
3. Promosi yang sedang berlangsung
Pengunjung pasti suka promosi, maka jangan lupa memberitahukan promosi yang sedang berlangsung, termasuk ketentuan yang berlaku.
4. Menu spesial hari ini
Beberapa restoran punya menu spesial yang berbeda tiap harinya. Maka pelayan harus siap menawarkan menu spesial tersebut, termsuk memberikan deskripsinya dengan jelas.
5. Tegas!
Status boleh pelayan, tapi bukan berarti martabat harus lebih rendah. Banyak pelayan yang kadang tidak bisa menjawab pertanyaan sepele dengan tegas, sehingga dibodohkan pelanggan.
6. Menambah penjualan
Ini salah satu hal yang disukai pemilik restoran, pelayan yang rajin menawarkan pesanan tambahan. "Apakah minumnya cukup?" atau "Mau dessert?" adalah pertanyaan sepele yang bisa menambahkan penjualan.
7. Ramah di awal & akhir
Selalu sapa dan perkenalkan nama Anda di awal. Berilah kesan untuk selalu siap membantu. Begitu transaksi selesai, ucapkan selamat tinggal dan terima kasih atas kunjungannya.
Bila tahu namanya, sapa saja dengan sopan dengan menyebutkan nama pelanggan. Pasti pelanggan akan terkejut dan merasa diingat.
8. Selalu awas akan kebutuhan pelanggan
Selalu perhatikan meja yang Anda layani, apabila perlu tambahan minuman, nasi, atau bantuan lain. Jangan buat pelanggan menunggu demi satu mangkuk nasi tambahan. Bila perlu, langsung ke dapur untuk meminta tambahan langsung, agar pelanggan bisa melanjutkan hidangannya.

http://goorme.com/article/8-kualifikasi-pelayan-restoran-top

Tidak ada komentar:

Posting Komentar